Onigiri dan Sejarahnya…


Pada masa lampau, Onigiri disebut “Tonjiki”. Pada masa Heian, tonjiki adalah makanan yang diberikan kepada orang-orang yang bermurah hati kepada mereka yang kurang mampu untuk dimakan saat mereka ada diluar ruangan. Sampai pada permulaan dari masa Showa, orang-orang menggulung nasi yang tersisa menjadi bola-bola, memanggang permukaannya dan dilumuri dengan soy saus. Ini disebut Yakimusubi. Yakimusubi ini sangat terkenal terutama untuk rasa “homemade”nya.

Sekarang banyak Onigiri yang diisi dengan berbagai macam bahan, seperti Yakiniku (daging sapi yang dibakar), tuna dan lain-lainnya. Di Jepang sendiri, Onigiri bahkan bisa dijumpai di supermarket-supermarket yang ada. Karena Onigiri ini sudah sangat merakyat dan identik dengan makanan khas Jepang, maka sering kita jumpai dalam cerita kartun atau animasi manga (animasi Jepang) yang disebut sebagai “Rice Ball”. Cara pembuatannya memang memerlukan keterampilan dan latihan yang tidak jemu-jemu. Sebagai bonus, berikut kami sertakan juga resep pembuatan onigiri beserta tahan-tahan dalam pengerjaannya.

Peralatan dan Bahan yang diperlukan:
– Plastik yang kuat dan namun tetap elastis, supaya tidak melar saat digunakan untuk membentuk nasi yang masih panas.
– Mangkok kecil yang digunakan untuk cetakan Onigiri yang diinginkan. Ada yang lebih suka menggunakan mangkok teh, sehingga ukuran onigirinya tidak terlalu besar.
– Sendok nasi
– Nasi yang dimasak sebaiknya menggunakan beras Jepang putih atau coklat atau yang sering disebut uruchi-mai
– Garam
– Air
– Isi di tengah Onigiri yang bisa dipilih sesuai selera
– Rumput laut nori

Pembuatan:
– Siapkan mangkuk dengan plastik di atasnya. Percikan air ke dalam mangkok kemudian goyang sehingga air tidak mengumpul di satu tempat

– Sebarkan garam dan goyang juga sehingga garam tidak mengumpul di satu tempat.

– Masukkan nasi ke dalam mangkuk namun jangan ditekan, biarkan mengisi mangkok apa adanya.

– Buatlah lubang di tengah-tengah nasi dengan jari Anda, kira-kira setengah dari kedalaman mangkok.

– Isi lubang dengan pilihan isi yang Anda suka, kemudian tutup lubang dengan nasi dengan sedikit ditekan

– Satukan ujung-ujung plastik, kemudian putar dan remas sehingga udara yang berlebihan keluar. Putar dengan keras/kencang sehingga membentuk format bola.

Teknik memutar ini sangat diperlukan sehingga nasi tidak akan pecah ketika digigit. Apabila anda menginginkan bentuk onigiri bola, maka gunakan teknik ini dan tekan sedikit kuat. Namun apabila anda ingin bentuk Onigiri “triangle” maka anda perlu menggunakan teknik tekan yang sedikit berbeda.

– Untuk mendapatkan bentuk triangle, yang harus Anda lakukan adalah membentuk huruf “L” dengan tangan, masukkan bola onigiri yang sudah terbentuk kedalamnya sehingga membentuk 3 sudut. Bila formatnya sudah terbentuk maka bergantian meremas masing-masing sudut, sehingga bentukan makin solid.

-Terakhir, plastik dibuka dan tambahan potongan rumput laut sebagai pembungkusnya. Jadilah sebuah Onigiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s