Hikmah Dibalik Fungsi Air Telinga, Air Mata, dan Air Liur


Mengapa air telinga itu pahit rasanya, air mata asin rasanya sedangkan air liur tawar rasanya ?

Mungkin terkadang kita tidak menyadari hal-hal sepele yang ada pada panca indera kita. Dan ini hanyalah secuil hikmah dari segala keajaiban yang ada pada tubuh kita.

Sudah merupakan ketentuan Allah Subhanahu Wa Ta’ala bahwasannya air telinga atau kotoran telinga yang dalam bahasa kedokteran disebut serumen itu pahit sekali rasanya, fungsinya agar setiap hewan-hewan tidak dengan mudah masuk ke dalam rongga telinga. Setiap kali hewan berusaha masuk kedalamnya pastilah segera mencari jalan keluar. Selain itu juga kalau anda terlalu rajin membersihkan kotoran telinga akan membuat liang telinga kering, gatal dan mudah terinfeksi.

Selanjutnya Allah juga menciptakan air mata rasanya asin, tujuannya agar dapat menjaga kesehatan mata. Sebab lemak yang ada pada mata mudah sekali rusak, maka air mata pun diciptakan asin untuk memelihara keduanya.
Berikut penjelasannya :

Air mata atau yang kita sebut lapisan air mata itu sebenarnya terdiri dari tiga lapis.

Jadi lapisan air mata yang pertama namanya lapisan mukus yang melapisi langsung kornea, dan membentuk pondasi agar lapisan air mata melekat pada mata.

Lapisan kedua yang berada di bagian tengah ialah lapisan akuos, yang berfungsi menyuplai oksigen dan zat-zat penting lainnya yang berguna untuk nutrisi kornea. Selain itu, lapisan akuos juga berfungsi untuk melembabkan mata. Lapisan akuos 98% terdiri dari air, dan komposisi lainnya ialah garam, protein dan senyawa lainnya.

Sedangkan lapisan yang terluar atau ketiga ialah lapisan lemak, yaitu berupa lapisan berminyak yang berfungsi untuk mencegah penguapan.

Ketiga lapisan air mata ini diproduksi oleh berbagai kelenjar dalam mata. Lapisan akuos diproduksi oleh kelenjar lakrimal yang berlokasi di samping luar kelopak mata atas. Kelenjar-kelenjar lemak dan kelenjar keringat di kelopak juga membantu produksi dari lapisan mukus dan lapisan lemak. Apabila kita berkedip, maka kelopak mata akan menyebarkan lapisan air mata di seluruh permukaan mata.

Dan Allah menciptakan air liur itu rasanya tawar agar dapat mencicipi berbagai jenis rasa sesuai dengan rasa aslinya. Sebab bila rasanya tidak tawar tentunya setiap rasa akan berubah, misalnya orang yang air liurnya menjadi pahit karena sakit maka segala sesuatu yang dicicipinya menjadi pahit padahal sebenarnya tidak pahit.

Seorang penyair berkata :

Siapa saja yang air liurnya pahit karena sakit
Maka air tawar akan terasa pahit baginya

Dari berbagai sumber

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s