Amazing Green Building and Architecture


Langsung aja gan, berikut ini adalah beberapa konsep rancangan dan arsitektur bangunan modern yang memakan konsep Green Building di beberapa negara di dunia.
Cekidot gan…

USA
Giant Eco-Egg Skyscraper: A Conceptual Luxury Hotel

Green Hotel masa depan yang dirancang oleh Arsitektur Richard Moreta (yang didirikan oleh mitra kerja GMZ-Desain) dengan interior dari Miami berbasis MRA Desain untuk kompetisi Inovasi Desain Radikal Ramah Lingkungan.

Dengan bentuk seperti telur raksasa bangunan ini akan beroperasi seperti organisme hidup, dengan menerapkan sistem saluran udara langsung melalui angin dan konversi sistem atmospheric, yang memungkinkan masuknya aliran udara alam ke bagian dalam bangunan tanpa intervensi mekanis.

Di dalam hotel, kamar akan dirancang senyaman mungkin dengan mengikuti beberapa ukuran standar untuk bahan konstruksi dan mengurangi limbah. Efisiensi sistem LED (Light Emitting Diode/Pancaran Cahaya Diode) yang tinggi akan menerangi interior sehingga bangunan akan nampak bercahaya dari luar.

Spoiler for keren:

FUKUOKA,JEPANG
Fukuoka ACROS

Di Kota Fukuoka di Jepang, mereka memiliki sebuah bangunan yang disebut “Fukuoka ACROS” terlihat sangat berbeda dari dua sisi: satu sisi seperti sebuah bangunan kantor konvensional dengan dinding kaca, namun di sisi lain terdapat atap yang besar dan bertingkat dengan sebuah taman.
Teras taman yang mencapai hingga sekitar 60 meter di atas tanah, berisi 35.000 tanaman yang mewakili 76 spesies.

Spoiler for keren:

OSAKA, JEPANG
Namba Parks

Taman Namba adalah salah satu kompleks bangunan dengan konsep hijau bagi penduduk di Osaka.
Terdiri dari 30-floor skyscraper, Taman Tower, dan pusat perbelanjaan dengan delapan lantai bertingkat yang memiliki teras kebun.

Spoiler for keren:

SEOUL, KOREA
Green Rings City of Gwanggyo

Grup arsitektur asal Belanda, MVRDV. Telah memenangkan kompetisi untuk merancang sebuah bangunan pusat kota untuk Gwanggyo, sebuah kota baru yang akan dibangun di selatan Seoul, Korea. Direncanakan untuk menjadi swasembada kota bagi 77.000 jiwa penduduk korea.

Arsitek mengatakan bahwa semua elemen dari pusat kota akan desain seperti cincin, dan “dengan mendorong cincin ini ke arah luar, setiap bagian dari bangunan akan menerima teras untuk kehidupan diluar ruangan.”

Spoiler for keren:

SHANGHAI, CHINA
Green Hotel In Chinese Quarry

Hotel ini, dirancang oleh kelompok Atkins, akan menjadi contoh yang luar biasa untuk bangunan yang menggukana konsep Green Building. Bukan hanya konsep bangunan, namun lokasi bangunan sendiri berada di area yang merupakan sebuah situs atau tempat yang dirancang dengan indah, semacam alam terbuka buatan.

Resort dengan 400 kamar tidur yang akan dibangun di dekat Shanghai di kedalaman 100 meter tambang. Tambang yang akan memberikan perlindungan dari cuaca, dan mengurangi kebutuhan energi dari hotel. Kompleks akan berisi restoran, kafe, fasilitas olahraga, dan bahkan akan termasuk area umum bawah air dan kamar tamu.

Spoiler for keren:

SINGAPURA
Edge Green Complex

Firma arsitektur Foster + Partners memenangkan kompetisi internasional untuk merancang sebuah kompleks hijau yang akan mengisi seluruh blok di pusat kota Singapura. Kompleks ini akan menjadi pionir terkemuka dalam rancangan hijau (green design).

Bangunan ini akan menggabungkan array dari solar sel dalam tembok luar gedung. Pita seperti canopies (juga ditutup dengan thin-film solar cells) akan mulai dibangun pada pangkal bangunan, dan memunculkan ketinggian timur dan barat dari menara, di mana mereka membentuk sebuah rangkaian jalur hiasan pada jendela vertikal. Ini akan menyaring sinar matahari dan akan mengubah menara ke dalam rangkaian yang terhubung secara vertikal dengan ruang hijau.

Spoiler for keren:

UZBEKISTAN
River Frontage Green Building

Ini adalah konsep dari bangunan perumahan yang akan dibangun di Uzbekistan, bangunan ini sungguh mengagumkan. Dengan konsep bangunan hijau, dan outdoor looks, yang tidak hanya indah di mata, tetapi juga memberikan kualitas tinggi kalangan masyarakat. Selain perumahan, bangunan ini juga akan digunakan sebagai gedung kantor dan spa.

Bangunan ramah lingkungan ini dirancang oleh arsitek llewelyn-Davies. Pemandangannya sangat menarik, penuh dengan tampilan hijau. Dengan bentuk geometris hampir seperti labirin, seperti kita menemukan sesuatu selama di dalam gedung dan menciptakan suasana segar.

Spoiler for keren:

INDONESIA
Gedung Eceng Gondok, Jakarta

no comment… langsung buka aja gan

Spoiler for nih gan:

Gedung DPR/MPR

Mirip Eceng Gondok kan gan?? atapnya itu loh… .

Sayang di negeri kita tercinta konsep arsitektur bangunan “green building” masih jarang ditemui gan, bahkan bisa dibilang belum ada (mungkin hanya sebagian kecil saja ).

Ironis gan, padahal katanya Indonesia akan mencalonkan diri jadi tuan rumah World Cup 2022 dengan tema “Green World Cup”. Tapi sampe sekarang belum terlihat realisasi kearah sana.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s